Jumat, 16 November 2012

Peran Keluarga dalam Pembangunan Bangsa Indonesia

           Keluarga merupakan sebuah bagian kecil dari masyarakat, sedangkan masyarakat merupakan unsur dalam pembentukan sebuah negara. Secara tidak langsung peran sebuah keluarga berpengaruh terhadap pembangunan bangsa, dalam hal ini dalam ruang lingkup bangsa Indonesia.
          Keluarga adalah tempat pertama dan utama di mana seseorang anak dididik dan dibesarkan. Fungsi keluarga utama seperti yang telah diuraikan di dalam resolusi majelis umum PBB adalah “keluarga   sebagai   wahana    untuk   mendidik,   mengasuh,   dan   mensosialisasikan    anak, mengembangkan  kemampuan  seluruh  anggotanya  agar  dapat  menjalankan   fungsinya  di masyarakat  dengan  baik,  serta  memberikan  kepuasan  dan  lingkungan  yang   sehat  guna tercapainya  keluarga  sejahtera”. (http://euissunarti.staff.ipb.ac.id/files/2012/03/Peran-Keluarga-dalam-Membangun-Bangsa-berkualitasratna-euis2.pdf)
Opini: “Maka dapat disimpulkan bahwa peran keluarga mempengaruhi pembangunan bangsa. Setiap anak yang terdapat dalam sebuah keluarga dididik dengan pembekalan pendidikan dan rohani agar dapat menjadi penerus bangsa untuk memperbaiki kualitas pembangunan suatu bangsa menjadi lebih baik. Apabila dalam setiap keluarga tidak ada pembekalan ilmu dan akhlaq pada keturunannya, maka bangsa ini akan sulit untuk mengembangkan setiap aset yang terdappat didalamnya dan hanya akan menjadi penguasaan oleh negara lain dari segi sumberdaya dan apapun yang bdimiliki bangsa ini”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar