Selasa, 09 Oktober 2012

Fenomena Pergaulan Remaja


Pergaulan dan Orangtua
Oleh: Ulfiana Sumaryati

            Semakin kesini, pergaulan remaja semakin beragam, tanpa memandang gender, status sosial, bahkan agama. Sayangnya, pergaulan tersebut banyak yang membuat kualitas remaja semakin menurun, walaupun hal itu bergantung dari remajanya sendiri. Banyak remaja yang telah terbuai dengan kesenangan pergaulan yang mereka jalani, dan tidak menyadari bahwa pergaulan tersebut tidak dipandang baik oleh masyarakat. Beberapa pergaulan buruk mencakup penggunaan obat-obatan terlarang, seks bebas, tawuran, serta tindakan-tindakan yang merugikan baik terhadap diri sendiri ataupun masyarakat sekitar. Banyak sekali alasan yang menjadikan remaja tersebut terjerumus dalam pergaulan yang berbau negatif tersebut, beberapa adalah karena suasana dilingkungan rumah, karena pengaruh dari teman sekitar, ataupun karena keinginan mencoba-coba.
            Banyak cara yang dapat dijadikan sebagai benteng untuk pergaulan remaja yang buruk, diantaranya:
  1. Membekali dengan ilmu spiritual agar semakin dekat dengan Tuhan YME
  2. Orangtua harus mengawasi setiap kegiatan yang dijalani oleh anak, namun jangan terkesan mengawasi seolah tidak mempercayai setiap kegiatan anak adalah hal negatif.
  3. Memberikan perhatian ketika anak terlihat dalam masalah, dan membantu menyelesaikan masalah.
  4. Bila ada konflik dengan anak, sebaiknya orang tua tidak sampai menggunakan kekerasan walaupun sekedar kekerasan dalam perkataan, karena kekerasan dapat mengganggu psikologis anak.
  5. Mengawasi pergaulan anak, namun tidak terkesan membatasi dengan siapa dia berteman, bila temannya termasuk dalam anak yang tidak baik, beritahukan kepada anak dengan cara yang baik dan kepala dingin, jangan langsung melarang anak untuk tidak berteman dengan teman yang tidak baik itu.

            Sekiranya begitulah cara-cara yang dapat ditempuh para orangtua untuk mengarahkan anaknya agar bergaul dengan baik dan dalam konteks yang positif menurut saya.

1 komentar:

  1. Kalau saya gak usah repot repot gan buat mengawasi adek atau anak, cara ya sadap handphonenya dengan software WWW.SADAP.IN cukup kalau buat ngawasi anak ada buat lihat sms, panggilan, foto sama bmmnya, saya rasa lebih efisien... :)

    BalasHapus