Jumat, 16 November 2012

Masyarakat Desa dan Masyarakat Kota dalam Pembangunan Bangsa Indonesia


          Masyarakat merupakan sekumpulan orang yang membentuk sebuah sistem, dalam sebuah negara, masyarakat merupakan aset penting dalam membangun bangsa, karena tanpa adanya masyarakat, tidak akan terwujud pembangunan-pembangunan bangsa.
          Desa sebagai kesatuan masyarakat hukum terkecil yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati oleh negara. Pembangunan pedesaan selayaknya mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Pembangunan pedesaan dapat dilihat pula sebagai upaya mempercepat pembangunan pedesaan melalui penyediaan sarana dan prasarana untuk memberdayakan masyarakat, dan upaya mempercepat pembangunan ekonomi daerah yang efektif dan kokoh. Pembangunan pedesaan bersifat multi-aspek, oleh karena itu perlu keterkaitan dengan bidang sektor dan aspek di luar pedesaan sehingga dapat menjadi pondasi yang kokoh bagi pembangunan nasional. (http://desentralisasi.net/aktualita/pelembagaan-partisipasi-masyarakat-desa-melalui-pembangunan-bkm_20111024)
Opini: “Masih banyak sekali pedesaan kecil yang kurang perhatian atas sarana dan prasarana dari jamahan pemerintah, padahal apabila desa-desa tersebut didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, akan mendukung pembangunan nasional, karena masyarakat setempat terbantu oleh sarana dan prasarana yang memadai, misalnya saja untuk kasus klise, yaitu akses jalan raya yang layak dilalui oleh penduduk desa tersebut, apabila akses jalan memadai akan memudahkan untuk masyarakat desa mengembangkan setiap pemikiran demi pembangunan bangsa.”
          Masyarakat kota yang kebanyakan inividualis merupakan hambatan terhadap pembangunan nasional, mereka cenderung memikirkan perubahan terhadap dirinya sendiri dan keluarganya masing-masing. Kebanyakan dari mereka lebih menyukai produk luar negeri hanya karena gengsi, paddahal apabila mereka mau menggunakan poduk dari negeri sendiri secara tidak langsung hal tersebut merupakan salah satu wujud untuk pembangunan nasional agar berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar